Penyebab Tulang Kaku

Home / Uncategorized / Penyebab Tulang Kaku

Rasa nyeri pada tulang belakang bawah sering dikaitkan dengan sakit punggung. Sakit ini biasanya berhubungan dengan bagian pertulangan dari tulang belakang tingkat lumbal, diskus (bantalan) antara tulang belakang, ligamen (jaringan ikat) di sekitar tulang belakang dan diskus, saraf dan sumsum tulang belakang, organ di rongga perut dan panggul, otot punggung bawah, serta kulit di area punggung bawah. Kondisi ini paling banyak terjadi pada orang dewasa usia 35-55 tahun.

Selain usia, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko sakit tulang belakang bawah. Misalnya kelebihan berat badan, hamil, merokok, stres atau depresi, serta konsumsi obat-obatan yang dapat memengaruhi kondisi tulang seperti kortikosteroid.

Sakit tulang belakang bawah dapat berupa rasa nyeri, kebas, atau mati rasa yang menjalar pada satu kaki, nyeri sendi atau terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari, dan lain-lain  Rasa sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit tulang belakang bawah, antara lain:

  • Postur tubuh dan aktivitas harian. Kegiatan seperti mendorong, menarik, mengangkat dan membawa beban, berdiri atau membungkuk terlalu lama, batuk, otot yang tegang, peregangan yang berlebihan, serta menyetir dan duduk untuk waktu yang panjang. Termasuk kasur yang tidak maksimal menopang tulang belakang saat tidur.
  • Gangguan pada struktur tulang belakang. Misalnya masalah pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang dan persendian), osteoporosis (pengeroposan tulang), ataupun lengkung tulang belakang yang abnormal seperti skoliosis.
  • Penyebab lain seperti terjadi infeksi atau muncul tumor pada tulang belakang, mengalami infeksi kandung kemih, infeksi ginjal, radang panggul pada wanita, infeksi yang memengaruhi saraf (shingles).

Untuk memastikan penyebab sakit tulang belakang bawah, dokter dapat melakukan beberapa tes pendukung seperti sinar X, CT-scanMRI, pemindaian tulang, ataupun electromyography (EMG). Jika dicurigai terjadi infeksi, dokter bisa merekomendasikan dilakukan tes darah.

Osteoarthritis pada Bagian Tangan

Osteoarthritis atau radang sendi yang menyerang bagian tangan, dapat menimbulkan rasa sakit di tiga bagian jari tangan Anda. Misalnya saja, pada bagian tengah sendi jari, sendi yang paling dekat dengan ujung jari, serta pangkal ibu jari Anda.

Jika Anda mengalami osteoarthritis pada bagian tangan, Anda akan mengalami jari tangan kaku, bengkak, sakit, bahkan benjolan dapat muncul pada bagian sendi jari yang kaku. Rasa sakitnya mungkin dapat berangsur menghilang, tapi bengkak dan benjolan di bagian sendi dapat menetap.

Pada bagian belakang jari (punggung tangan) mungkin akan muncul kista yang cukup menyakitkan. Secara perlahan, jari yang mengalami peradangan juga dapat membengkok ke samping.

Dalam kondisi tertentu, Anda juga bisa mendapati munculnya benjolan di bagian dasar jempol dekat dengan sendi pergelangan. Benjolan ini dapat terasa sangat sakit dan membuat Anda sulit melakukan beberapa jenis kegiatan, seperti membuka toples, menulis, dan lain sebagainya.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi. Namun jangan samakan kondisi ini dengan osteoarthritis. Rheumatoid arthritis disebabkan oleh gangguan sistem imun yang justru menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Sedangkan osteoarthritis merupakan kondisi yang disebabkan oleh penggunaan sendi.

Gangguan peradangan kronis yang terjadi pada rheumatoid arthritis dapat menyerang bagian kecil sendi kaki dan tangan. Tepatnya, pada selaput yang membungkus cairan sendi atau membran sinovial Anda. Kondisi ini dapat menimbulkan pembengkakan yang cukup menyakitkan dan dapat menimbulkan deformitas (kelainan bentuk) sendi dan erosi tulang.

Rheumatoid arthritis umumnya menyerang wanita, terutama pada usia di atas 40 tahun. Meski begitu, rheumatoid arthritis juga dapat menyerang segala usia dan semua jenis kelamin. Selain jari tangan kaku, gejala yang muncul antara lain adalah sendi bengkak, terasa hangat, berlangsung hingga berjam-jam. Bisa juga disertai demam, berat badan menurun, kelelahan, muncul benjolan dari jaringan di bawah kulit bagian lengan.

Gejala yang muncul bisa datang dan pergi, dan bahkan bervariasi tingkat keparahannya. Rheumatoid arthritis seiring berjalannya waktu dapat menimbulkan pergeseran sendi.

Pirai

Pirai merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa kaku, rasa perih, dan sendi menjadi membengkak. Pirai yang sudah terjadi terlalu lama dapat merusak tendon, sendi, dan bagian jaringan lainnya. Jika rheumatoid arthritis umumnya terjadi pada wanita, pirai umumnya terjadi pada pria. Pirai terjadi disebabkan oleh asam urat yang terlalu banyak di dalam aliran darah. Sebenarnya, tidak semua orang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat mengalami pirai, hanya saja, ketika tingkat asam urat terlalu tinggi, asam urat dapat mengkristal di dalam sendi.

Pirai juga dapat terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, memiliki berat badan berlebih, makan terlalu banyak daging ikan yang mengandung bahan kimia, dan terlalu banyak konsumsi daging sapi.

Selain beberapa penyebab di atas, diabetes juga menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Meski begitu, masih belum diketahui dengan jelas, mengapa diabetes dapat menyebabkan jari tangan kaku.

Jari tangan kaku secara tiba-tiba mungkin bisa membuat Anda kaget dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Pada kondisi penyakit tertentu, terlalu lama mengabaikan kondisi jari tangan kaku bisa menyebar ke masalah lainnya. Jika Anda mengalami jari tangan kaku dan mengalami beberapa gejala dari deretan penyebab  jari tangan kaku di atas, cobalah untuk segera mengonsultasikannya kepada dokter.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit tulang banyak sekali macamnya oleh karena itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter sebab jika terlambat akan berakibat fatal. Berikut ini macam-macam penyakit tulang:

1. Kaki bengkok

Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.
Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

2. Pembengkakan ibu jari (Bunions)

Bunions adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.
Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

3. Calcaneal spur (Sakit pada tumit)

Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

4. Hidroxiapatite

atau yang lebih dikenal dengan penyakit tulang akibat penumpukan calcium piropospat (sejenis kalsium tubuh)

5. Osteoarthritis,

penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini merupakan arthritis yang tidak menimbulkan peradangan pada sendi. Biasanya penyakit ini menyerang sendi pada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu dan pinggul penyakit ini adalah nama lain dari rematik.

6. Penyakit pirai (Gout),

penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia dan terjadi secara berulang. Dengan ditandainya perasaan nyeri pada tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab lainnya karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

7. Sarcoidosis,

penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, dan mata, kulit juga jaringan lainnya.

8. Nyeri sendi akibat infeksi

Infeksi tubuh bisa saja menyerang tulang jika Anda kurang kewaspadaan mengkonsumsi makanan

9. Systemic lupus erythematosus (SLE)

atau nama lainnya adalah lupus. Adalah penyakit anti imun, dimana sistem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut, akan berbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri. Biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang mereka. Penyakit ini belum diketahui obatnya dan sangat sulit difahami oleh beberapa dokter di dunia.

10. Kiposis

adalah gangguan pada tulang belakang. Dimana Anda akan terlihat bungkuk karena tulang melengkung ke depan dan penderita akan terlihat bongkok.

11. Keseleo

atau terkilir adalah gangguan yang terjadi pada sendi tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tidak bisa digerakkan atau terjadinya rasa sakit yang luar biasa pada sendi.

12. Osteoporosis,

dimana akan menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh, keropos dan mudah sekali patah. Penyakit ini menyerang orang yang sudah mempunyai umur lanjut.

13. Rakitis,

akibat orang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan vitamin D, tulang kaki akan menjadi bengkkok dengan berbentuk huruf O atau X

14. Mikrosefalus

 adalah penyakit kelainan pada pertumbuhan tulang terutama bagian tengkorak kepala. Jika mengalami kelainan ini, penderita akan terlihat lebih kecil dari manusia normal pada umumnya.

15. Skoliosis

Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh. Tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri maupun kanan.

Macam penyakit tulang diatas sebetulnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium yang seimbang, karena kalsium berguna sekali untuk kesehatan tulang. Selain itu rajinlah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

BACA JUGA :

OBAT HERBAL TULANG KAKU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *