gejela dan penyebab pengapuran sendi

Home / Uncategorized / gejela dan penyebab pengapuran sendi

Apa itu OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis adalah sebuah penyakit di mana sendi terasa nyeri dan kaku. Biasanya terjadi pada lutut, paha dan tulang belakang. Terkadang juga dapat terjadi pada sendi di tangan. Sendi terdiri dari tulang rawan, substansi yang berperan menjadi bantal antar 2 tulang. Pada OA, tulang rawan tidak dapat lagi menjadi bantal, sehingga kedua tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, menyebabkan sendi menjadi bengkak dan nyeri. Pengapuran sendi tidak dapat disembuhkan, namun menjaga berat badan dalam rentang normal serta berolahraga teratur akan membantu menghambat terjadinya penyakit ini dan memperbaiki fleksibilitas. Hindari aktivitas berat dan olahraga kontak fisik.

Seberapa umumkah OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis sangat sering terjadi pada usia lebih dari 70 tahun. Keadaan ini dapat pula terjadi pada dewasa muda dengan berat badan berlebih. OA dapat terjadi pada laki‐laki maupun wanita, namun lebih sering terjadi pada wanita berusia lebih dari 55 tahun.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Osteoarthritis berkembang dengan lambat. Gejala awalnya dapat berupa rasa nyeri. Biasanya diperparah dengan olahraga dan membaik dengan istirahat. Seiring berjalannya waktu, pergerakan menjadi terbatas dan sendi menjadi lebih kaku. Kekakuan ini terjadi pagi hari namun semakin menghilang setelah banyak bergerak dan sendi memanas. Jika pengapuran sendi semakin memburuk, sendi menjadi nyeri dan tidak dapat ditekuk. Penderita akan mengalami krepitasi (sendi berbunyi) saat bergerak.Kemungkinan ada tanda‐tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Penyebab

Apa penyebab OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Penyebabnya yaitu proses penuaan, trauma, obesitas, dan faktor lain. Osteoarthritis terjadi saat tulang rawan di dalam sendi terkikis atau rusak akibat penuaan. Saat tulang rawan rusak, tulang akan bergesekan saat Anda bergerak, sendi akan membengkak dan sangat nyeri.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk OA (osteoarthritis, pengapuran sendi)?

Ada banyak faktor risiko untuk osteoarthritis, yaitu:
● Usia: risiko meningkat dengan bertambahnya usia.
● Jenis  kelamin:  wanita  lebih  berisiko  dibandingkan  laki‐laki,  penyebabnya belum jelas.
● Obesitas:  semakin  berat  tubuh  Anda,  semakin  besar  tekanan  pada  sendi, sendi akan menjadi lebih rapuh. Selain itu, jaringan lemak juga menghasilkan protein yang menyebabkan inflamasi pada sendi.

● Trauma:  trauma  saat  berolahraga  atau  kecelakaan  dapat  meningkatkan risiko radang sendi.
● Pekerjaan:  jika  pekerjaan  Anda  membuat  tekanan  pada  sendi,  secara bertahap sendi akan meradang.
● Genetik: beberapa orang terkena radang sendi karena keturunan.
● Malformasi  skeletal:  orang  dengan  kelainan  kongenital (sendi  atau  tulang) atau kelainan tulang rawan lebih berisiko OA.
● Penyakit lain: diabetes atau rematik seperti penyakit asam urat dan artritis rematoid meningkatkan risiko osteoarthritis.

Baca Juga :

OBAT HERBAL PENGAPURAN SENDI 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *